Senin, 01 Februari 2016

10 PENYAKIT TERBANYAK PUSKESMAS KESAMBEN TAHUN 2016

Berikut ini adalah daftar 10 penyakit terbanyak bulan Januari s/d April 2016 di Puskesmas Kesamben:

sumber : pcare BPJS



Penyakit terbanyak urutan pertama adalah Common Cold atau dikenal dengan pilek.
Pilek atau common cold merupakan infeksi virus saluran pernapasan bagian atas, hidung dan tenggorokan. Pilek biasanya tidak berbahaya. Jika tidak sakit tenggorokan dan batuk, gejala yang biasa ditunjukkan adalah mata berair, bersin dan kemacetan pada saluran pernapasan. Bahkan, karena salah satu dari lebih dari 100 virus dapat menyebabkan pilek, tanda dan gejala cenderung sangat bervariasi. Kebanyakan orang dapat sembuh dari pilek biasa dalam waktu sekitar satu atau dua minggu. Jika gejala tidak membaik, segera hubungi dokter Anda. 

Pencegahan Pilek (Common Cold)

Beberapa tindakan berikut dapat Anda lakukan guna mencegah terjadinya pilek :
  • Mencuci tangan
    Bersihkan tangan Anda dengan sering dan menyeluruh. Ajarkan pada anak Anda pentingnya mencuci tangan untuk menghindari segala penyakit
     
  • Bersihkan barang-barang Anda
    Pastikan peralatan dapur dan mandi Anda bersih, terutama ketika seseorang dalam keluarga sedang menderita pilek. Jangan lupa untuk mencuci mainan anak-anak secara berkala.
     
  • Gunakan perantara
    Gunakan benda perantara seperti tisu atau saputangan saat Anda bersin atau pilek. Buang tisu bekas yang telah digunakan, dan segeralah mencuci tangan dengan hati-hati.
     
  • Jangan berbagi
    Jangan berbagi gelas minum atau peralatan dengan anggota keluarga lainnya. Gunakan gelas Anda sendiri atau gelas sekali pakai bila Anda atau orang lain yang sakit.
     
  • Hindari pilek
    Hindari dekat, dan melakukan kontak langsung dengan siapa saja yang sedang menderita pilek.
     
  • Pilih pusat penitipan anak Anda dengan bijaksana.
    Carilah pengaturan perawatan anak dengan praktek-praktek kebersihan yang baik dan kebijakan yang jelas tentang menjaga anak sakit di rumah.

(meetdoctor.com)

0 komentar:

Posting Komentar